Memahami Pengaruh Perkembangan Ekonomi Terhadap Perkembangan Reksa Dana

Memahami Pengaruh Perkembangan Ekonomi Terhadap Perkembangan Reksa Dana

Revolusi industry 4.0 yang terjadi saat ini telah merubah banyak aspek kehidupan, yang menuntut kita untuk lebih cerdas dalam menggunakan perangkat digital. Salah satunya di bidang ekonomi. Di Indonesia, pertumbuhan ekonomi digital sudah terjadi di kota-kota besar, sebut saja jakarta, bandung, surabaya, semarang, dan ibukota provinsi lainnya, adanya gadget menjadi momentum bagi masyarakat untuk berkembang. Bahkan saat ini, penggunaan e-wallet dan e-commerce menjadi salah satu tanda transformasi dalam bidang digital. Disisi lain teknologi digital juga memiliki peluang ekonomi, diantaranya membangun ekonomi global, menciptakan UMKM dan unit usaha mandiri, bahkan menciptakan banyak peluang baru untuk generasi banga agar giat berkembang.

Peran transformasi digital yang terjadi akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi, mudahnya begini, di tahun 2015 Anda mungkin merasakan perubahan sistem pembayaran terhadap beberapa produk maupun jasa, Anda tidak lagi menggunakan uang cash, melainkan nominal yang sudah tersimpan dalam bentuk aplikasi seperti ovo. Ini menyadarkan kita bahwa perubahan akan selalu datang. Seperti halnya Ibu/Bapak kita dulu, cara menabung yang tepat adalah dengan membeli tanah, membeli rumah, atau membeli emas, tetapi saat ini cara menabung sudah semakin berkembang, tidak hanya di bank, tetapi juga menabung dengan cara berinvestasi.

Pada tulisan kali ini, saya akan mengajak Anda memahami fenomena perkembangan ekonomi terhadap perkembangan Reksadana. Sebelum lebih jauh, Saya ingin Anda memahami apa itu Reksadana? Dilansir dari idx.co.id, Reksa Dana merupakan salah satu alternatif investasi bagi masyarakat pemodal, khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi mereka. Reksadana hadir sebagai jawaban dari perkembangan ekonomi digital 4.0 yang sekarang sedang terjadi. Reksadana merupakan produk investasi yang cukup mudah dipahami, dan tentunya sangat mudah untuk diakses. Hal ini memungkinkan bagi masyarakat awam untuk lebih mengerti dan mulai mencoba berinvestasi dari gadget dan perangkat elektronik mereka. Tidak ada salahnya untuk memilih reksadana sebagai salah satu bagian investasi di dalam keuangan Anda. Jika anda masih berfikir ragu untuk berinvestasi, reksadana adalah jawabannya.

Lantas…… setelah memahami tentang Reksadana saya akan mengajak Anda memahami tentang pengaruh perkembangan ekonomi dengan reksadana.

Dilansir dari salah satu portal berita bisnis dengan judul “Ekonomi Pulih 2021, Reksa Dana Berbasis Saham Jadi Jagoan” Tahun 2020 lalu menjadi tahun yang menantang bagi indonesia karena indeks acuan menyentuh angka terendah yaitu 3.937 terkoreksi 37.49% sejak awal. Kemudian obligasi pemerintah yang digambarkan sebagai Infovesta Government Bond index juga mengalami posisi rendah yaitu di 8.017, terkoreksi menurun 2,54% dari sebelumnya. Portal berita tersebut juga mengatakan, obligasi pemerintah sudah menguat 9,97% dibanding sebelumnya. Maka dapat diberikan kesimpulan bahwa pasar saham perlahan pulih. Sehingga di tahun 2021 ini menjadi momentum yang tepat jika Anda ingin memulai berinvestasi menggunakan reksadana. Jika Anda tidah ingin tertinggal mulai mengikuti tren manajemen keuangan menjadi pilihan yang tepat.

Pada artikel ini saya menyakini bahwa dengan konsistensi pertumbuhan yang positif akan membuat orang lain gemar berinvestasi dan lebih melek akan kebutuhan financial. Salah satu investasi yang Anda bisa lakukan yaitu Reksa dana. Reksadana juga dipengaruhi oleh nilai rupiah yang stabil, kinerja keungan meningkat, memiliki data makro untuk meningkatkan harga kooditas di pasar lokal, tingkat bunga rendah, minat investor yang terukur dan pengaruh lainnya.

Mungkin ini saatnya Anda mengetahui fakta penting akan perkembangan Reksadana. Bagi pekerja yang sudah produktif, Reksadana bisa dengan mudah dilakukan kapan saja dan dimana saja. Tentunya dengan pelayanan manajer investasi yang ramah dan mengetahui kebutuhan konsumen. Untuk mempelajari lebih dalam mengenai Reksadana, Anda bisa mengunjungi artikel berikut #artikelreksadana.

Jika Anda masih merasa kebingungan, Anda bisa menghubungi customer service kami dan membantu Anda memahami instrumen investasi apa saja yang mesti Anda persiapkan sebelum Anda mulai. Reliance-Investasi sebagai perusahaan investasi yang cukup dikenal, memberi konsumen kemudahan untuk berinvestasi dengan memilih reksadana.